Erupsi Merapi, Wisata Deles Indah Klaten Tutup Sementara

Aktivitas vulkanik dari Gunung Merapi menagalami peningkatan sejak 2018 yang menyebabkan Wisata Deles Indah yang berada di Desa Sidorejo, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, harus ditutup hingga hari ini. Dapatkan sensasi nya lewat permainan slot yang seru jikalau menang menjadikan itu keberuntungan.

Gunung Merapi Kembali Keluarkan Awan Panas, Meluncur 2.000 Meter ke Tenggara

Dengan adanya penutupan yang dilakukan karena pandemi Covid-19. Hal lainnya merupakan penyebab utama dari wisata Deles Indah itu sendiri ialah adanya aktivitas Gunung Merapi yang membuat desa masuk ke dalam kawasan rawan bencana (KRB).

Mengutip Kompas, pada Kamis 10 Maret 2022, anggota Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Deles Indah, Tyokepada, menuturkan bahwa, “Wisata masih tutup sejak status Merapi yang siaga, dan ada juga karena karantina mandiri selama pandemi Covid-19 ini, namun hal utamanya (Deles Indah) yang masuk kawasan rawan bencana”.

Sementara itu saat ditanyai kondisi terkini di Desa Deles Indah, pasca adanya erupsi di Gunung Merapi pada Rabu 9 Maret 2022, Yuda yang merupakan anggota Pokdarwis Deles Indah, juga mengatakan bahwa tidak ada kerusakan terkait hal tersebut.

“Soal erupsi yang tadi malam, Desa Deles Indah tidak ada kerusakan, cuma ada terdengar gemuruh dan lava yang turun dari gunung itu,” ujar Yuda.

Adapun atraksi yang ditutup merupakan yang dikelola sendiri oleh Balai Taman Nasional Gunung Merapi, yakni termasuk spot pemandangan alam, hingga tempat outbound.

10 Gambar Deles Indah Klaten, Harga Tiket Masuk, Lokasi Alamat, Jam Buka  Tutup, Penginapan Hotel di Sekitar + Rute Menuju ke Sana | JejakPiknik.Com

Yuda juga menceritakan, terkait rencana dibukanya kembali atraksi tersebut yang diketahui masih belum terlihat hilal nya hingga kapan, menunggu arahan langsung oleh Balai Taman Nasional Gunung Merapi.

“Kalau ada rencana buka pasti ada, ini hanya baru menunggu instruksi dari Taman Nasional Gunung Merapi,” tambahnya.

Sementara itu untuk wisata yang berlokasi di lahan pribadi warga, seperti trekking hingga camping ground dipastikan masih tetap dibuka sampai saat ini.

Namun demikian, ada batasan terkait kuota yang ditetapkan, yang berfungsi untuk mengatur kapasitas pengunjung camping ground selama adanya pandemi Covid-19.

“Karena ini masih suasana pandemi dan ada batasan untuk kapasitas, di lokasi Deles Indah ini tersedia camping ground di puncak Monumen Deles Indah, tepatnya di lahan milik warga,” ucap Tyo.

Jika biasanya lahan camping dapat menampung hingga 200-300 orang, maka pada saat ini hanya tersedia untuk 50 orang pengunjung saja.

Bagi yang hendak berkunjung, diwajibkan agar dapat menunjukkan sertifikat dari vaksinasi Covid-19 hingga dosis kedua. Dapatkan sensasi nya lewat permainan slot yang seru jikalau menang menjadikan itu keberuntungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.