Mengungkap Desa Wisata Kaki Langit Mangunan

Desa wisata Kaki Langit Mangunan merupakan salah satu destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Desa ini berlokasi di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Mengutip Jejaring Desa Wisata (Jadesta) Kemenparekraf, Pada Selasa, 15 Februari 2022,  destinasi wisata ini diresmikan pada tanggal 9 Maret 2014, dan masuk dalam unit kerja Organisasi KKLPMD Pedukuhan Mangunan.

“Kaki Langit” mempunyai makna filosofis. Kaki yang artinya alat untuk bergerak dan seberat apapun beban yang sedang ditanggung, kaki harus tetap melangkah.

4 Tips Berfoto di Panggung Sekolah Hutan Pinus Mangunan yang Instagramable  - Tribun Travel

Tatkala itu makna “Langit,” yang berarti tempat yang tidak terbatas luas dengan jaraknya. Apabila digabungkan, Kaki Langit mempunyai makna desa ini harus mampu untuk menggerakkan masyarakat dalam mencapai tujuan tanpa batas ruang atau waktu. 

Keberadaanya bertujuan untuk menciptakan sumber pendapatan dan pemberdayaan bagi perekonomian rakyat guna tercapainya suatu kesejahteraan. Dapatkan sensasi nya lewat permainan slot yang seru jikalau menang menjadikan itu keberuntungan.

Sewa Brio Jogja | Sewa Mobil Lepas Kunci Yogyakarta | Rasakan Sensasi Taman  Buah Mangunan Yogya yang Begitu Tak Terlupakan

Desa Wisata ini juga membuat akomodasi wisata berupa angkutan khusus bagi area yang sulit untuk dijangkau, tetapi menarik untuk dikunjungi. Keindahannya dapat tercemin dari lereng-lereng di perbukitan, sungai-sungai kecil, hutan rakyat, maupun tebing-tebing yang sangat sulit dijangkau dengan angkutan pribadi.

Dari masalah tersebut akhirnya desa ini mengadakan akomodasi transportasi berupa sepeda motor trail atau jeep. Kemampuan lain yang dapat digarap dari desa ini merupakan atraksi pertanian yang dilakukan dengan cara membajak sawah, menanam, mencari kayu bakar, hingga memanen.

Destinasi Wisata Kaki Langit Mangunan juga menawarkan paket berupa edukasi “muleh ndeso.” Program ini memungkinkan para wisatawan akan merasakan keseharian warga setempat lewat belajar tradisi yang tumbuh di desa ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.